Skip to main content

Cara Memasang LNB

Cara memasang LNB C-Band
Lnb (Low Noise Block) merupakan penerima frekuensi signal dari satelit untuk dirubah (converter) menjadi data visual maupun audio melalui receiver. Dalam bentuk gelombang yang diterima, terdiri dari 2 tipe LNB sehingga perbedaan tingkat frekuensi bisa berbeda. LNB C-Band merupakan lnb dengan frekuensi yang rendah, rata-rata frekuensi 4 digit dan simbol rate 5 digit. Sedangkan LNB KU-Band memiliki frekuensi LNB di atas C-Band (Universal). LNB adalah jantung dari sebuah parabola, hardware paling vital sebagai penerima (Receive) awal dari satelit untuk dibaca oleh receiver parabola.

Pemasangan parabola pasti dihadapkan dengan pemasangan LNB baru pada tiang fokus parabola. Pemasangan yang benar merupakan harga mati jika tidak mau dua hari dua malam menyetel parabola. Memang pointing payung parabola bukan hal yang mudah, namun itu semua didasari pada awal pemasangan LNB yang benar sesuai dengan titik koordinat lnb yang disejajarkan dengan mount parabola.

Itu tadi sedikit gambaran pemasangan LNB, sekarang masuk ke topic utama dalam pemasangan LNB pada parabola. Kali ini yang dijelaskan menggunakan LNB tipe C-Band dengan spesifikasi Dual LNB , berikut langkah-langkahnya :

1.       Pasang piringan LNB terlebih dahulu pada tiang focus parabola, dengan mengunci piringan menggunakan baut yang terdapat pada kotak LNB. Kencangkan baut dengan bantuan kunci 10 agar dipastikan kuat.
2.      Kemudian ambil LNB yang memiliki dua output yakni output ke (RCV) receiver dan LNB. Pasang pada lubang piringan LNB yang pertama, dengan ketinggian 40. Ketinggian lnb dapat dilihat pada bagian bawah lnb. Setelah ketinggian diatur sesuai rekomendasi, selanjutnya lihat bagian atas lnb, disitu ada semacam derajat kemiringan dan 0 pada parameter tersebut diarahkan lurus ke arah depan. Setelah selesai maka kunci lnb dengan baut yang disediakan, jangan terlalu kencang cukup sampai lnb tidak dapat berputar, jika terlalu kencang maka arah 0 akan memutar dengan sendirinya.
3.      Pemasangan LNB yang kedua, pasang pada lubang piringan yang kedua dan masih sama seperti lnb yang pertama dengan ketinggian 40, namun pada lnb yang kedua ini 0 dihadap berlawan dengan 0 lnb yang pertama.



Setelah pemasangan lnb telah sesuai maka hubungkan kedua lnb dengan kabel jumper pada kotak lnb. Dan masukkan kabel coaxial melalui lubang bawah tiang focus sampai keluar pada ujung dekat lnb yang terpasang. Pasang kabel ke LNB yang kedua pada port LNB. Dan selesai tinggal masukkan tiang focus ke paying parabola dan parabola sudah siap untuk pointing.  





Comments

Popular posts from this blog

Cara melihat sinyal indovision ( Bagus atau tidak )

          Kali ini pembahasan yang akan diulas ialah seputaran parabola mini indovision. Barangkali kalian kalian ada yang punya masalah dengan arah indovision yang tiba tiba berubah karena angin atau tidak sengaja tersenggol sehingga siaran indovision tidak terlihat sama sekali. Untuk memastikkan masalah ada pada arah piringan indovision yang salah, kita harus mengecheck  dengan melihat signal pada indovision. Berikut  langkah langkah yang perlu diperhatikan untuk melihat signal indovision : 1. Pastikan sambungan kabel dari antena indovision terhubung ke receiver indovision, hidupkan TV dan receiver. Tekan tombol ok : akan muncul seperti gambar berikut    2. Akan muncul menu menu seperti Daftar saluran, pemesanan, Bmail, pengaturan HD dll. kita geser dengan menekan tombol kanan pada remote dan pilih menu pengaturan sistem 3. setelah kita tekan ok pada pengaturan sistem maka kita akan diminta mengisi password : 0000 4. Kemudian pilih Memindai satelit 5. Langkah berikutnya akan muncul l

Cara menghapus siaran parabola yang tidak disukai – How to delete channel the parabola

Biasanya setelah kita melakukan scan pada receiver parabola, terdapat beberapa channel yang tidak muncul gambarnya pada layar karena perubahan frekwensi ataupun channel tersebut sudah tidak mengudara lagi. Terkadang untuk pemula salah dalam memilih menu scan , berakibat akan munculnya siaran non FTA (Free to Air) dengan lambang ($) scramble. Jadi untuk menghapus siaran-siaran yang tidak kita inginkan tersebut kita dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :        Tekan tombol menu pada remote receiver       2.      Kemudian pilih Daftar Siaran Tv maka akan muncul daftar siaran yang di atas nya ada bar                   warna merah, hijau, kuning dan biru. Bar ini sebagai petunjuk perintah apa saja yang dapat       kita lakukan.                               3. Kita pilih sunting dengan menekan tombol warna biru pada remote receiver lalu tekan hijau       lagi untuk menghapus.           4 .     Setelah itu kita tinggal memilih siaran mana yang ingin diha

Cara memindahkan siaran parabola mudah - How to move a channel parabola with to easy

Berjumpa lagi di blog ane ni gan, kali ini saya mau share cara mengurutkan channel di receiver sesuai dengan keinginan kita. Untuk cara-cara nya perlu diketahui setiap receiver berbeda-beda, namun secara umum sama untuk fitur yang ditampilkan setiap receiver. Adapun receiver yang kali ini ane share merupakan digital merek Goldsat Mpeg4. Sebagai pengetahuan aja ni gan digital yang telah Mpeg4, sistemnya sudah hampir seperti digital HD (Hight Definition) hanya saja berbeda sistem scan nya yang dapat mencari system channel yang telah HD sementara Mpeg4 belum bisa. Oke kembali ke topic awal kita tadi cara mengurutkan atau memindahkan channel, dengan mengikuti langkah berikut ; 1.  Tekan tombol Menu di remote receiver 2.   Kemudian pilih Daftar Siaran Tv maka akan muncul daftar siaran yang di atas nya ada bar warna merah, hijau, kuning dan biru. Bar ini sebagai petunjuk perintah apa saja yang dapat kita lakukan. 3.   Kita pilih pindah dengan menekan tombol warna kuning pad