Skip to main content

Menyetel arah parabola - setting parabola


Cara setting parabola gampang
Sebelum kita ke pokok permasalahan gan, kita cerita sedikit tentang incaran siaran apa yang mau dituju. Setelah kita telah menentukan channel/siaran apa yang dicari apakah siaran lokal Indonesia atau channel luar seperti siaran Arab Mekah, Madinah, siaran Tiongkok, Lotus dll. Untuk tutorial kali ini ane jelasin tentang setting satellite Palapa D dan Telkom dengan channel local Indonesia lengkap serta plus siaran dakwah islam seperti rodja, insan, wesal, tahfidz tv, share channel, surau, niaga,mensahe dll.
Berikut langkah-langkah setting-nya gan :
Kita siapkan terlebih dahulu alat dan bahan sebelum setting, dengan spesifikasi parabola diameter minimal 8 feet (semakin besar semakin bagus hasil gambar gan), LNB F double
2 satelite, Tv dan receiver untuk settingnya harus disiapkan juga gan, serta kunci inggris, kunci 12-13 dan kunci 14-15.

Setelah parabola telah siap dirakit dan berdiri tegak di atas tiang nya, lalu cek kabel yang terhubung dengan LNB apakah telah terpasang dengan benar, jika telah ok sambungkan kabel ke receiver yang telah terhubung juga dengan tv untuk setting gan.

Pertama kali kita setting antena satellite palapa c2/D dan Telkom, pilih menu di receiver => instalasi => pilih satellite palapa c2/D (113.0E) kemudian pilih setting antena dan buat palapa 22Kh nya “Off” lalu naikkan kursor keatas arah ke palapa D, lalu tekan panah kanan hingga satelite berubah menjadi Telkom kemudian buat 22Kh “On”. Kembali lagi ke satilte palapa lalu pilih transponder (TP) => kita pilih Tp 4080 H 28125. Lihat power LNB yaitu parameter sebelah atas jika ada 70% atau 90% itu berarti kabel telah connect ke receiver jadi sudah tidak ada masalah, tinggal kita arahkan parabola kita kearah palapa D derajat kemiringan 113.0 East (timur). Untuk mengetahui signal transponder ini kita melihat parameter kualitas yang berada dibawah parameter power lnb tadi, jika persentasi nya mencapai 45% maka sudah bagus kualitas gambarnya.

Cara mengarahkan nya ialah lihat arah timur-barat di daerah anda. Arahkan parabola ke arah timur habis. Lalu arahkan parabola ke arah barat secara perlahan dengan melihat layar monitor anda hingga kualitas signal naik dan akan muncul indicator warna hijau pada signal.  Untuk Tp 4080 H 28125  jika signal 45% itu sudah bagus kualitas gambar nya, dan perlu diketahui tidak semua siaran sama kualitas signal dan juga tidak harus 100% untuk mendapatkan gambar yang jernih.

Setelah tadi selesai dengan palapa D, sekarang kita beranjak ke satelite Telkom gan. Secara teknis jika kita telah mengarahkan parabola ke arah palapa maka satelite telkomnya akan otomatis telah dapat juga. Jadi sekarang kita tinggal cek ke satelite Telkom dengan transponder 4086 H 6000, jika signal quality kisaran 50%-60% itu sudah bagus. Namun jika satelite Telkom tidak ada signal berarti payung parabola kurang tepat, kita bisa menaikkan atau menurunkan paayung sedikit, mengatur kemiringan payung pada bagian sebelah kiri mountine atau bisa juga dengan memutar focus sedikit ke kanan maupun ke kiri hingga signal Telkom maksimal. Setelah itu cek kembali palapa, jika sudah sama-sama dapat signalnya maka tinggal scan siarannya.

Dalam scanning ini sebaiknya kita hapus semua channel terlebih dahulu agar channel dapat terstruktur dengan rapi antara palapa dengan Telkom. Untuk pilihan menu di setiap receiver berbeda beda namun secara umum di menu ada pilihan edit siaran dan pilih hapus semua channel. Untuk scan kita awali dengan satelite Palapa D, pilih menu=> scan otomatis (untuk beberapa receiver pilihan nya “Pencarian Bebas” =>  pilih satelite Palapa D pilih untuk kolom kedua pilih “Bebas” lalu tekan ok. Kemudian lakukan hal yang sama untuk sateliute telkomnya.


Tunggu sampai 100% dan siaran palapa dan Telkom telah siap untuk di tonton gan. Untuk melihat tutorial tentang cara memindahkan dan mengatur urutan channel bisa follow my blog.


Untuk pemasangan parabola bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri  dari ; payung parabola, tiang parabola, Mount payung parabola, tiang focus, LNB F, Receiver (mpeg2 atau mpeg4), kabel coaxial dan connector.
Untuk wilayah Kota Medan pemasangan melalui jasa teknisi kita dikenakan biaya  Rp.1.000.000 dan telah gratis ongkir untuk channel local Indonesia, namun jika mengunakan receiver yang dapat channel FTA dan berbayar (Pay tv) seperti keterangan di atas, cukup menambah Rp.600.000 dan telah gratis berlangganan selama satu tahun (untuk tv berbayar) Promo k-vision dengan digital HD (High Definition). Untuk pembayaran setelah parabola terpasang. Harga tersebut meliputi spesicifikasi berikut:
1.      Kebutuhan untuk 1 tv
2.      LNB Two 
3.      Dish Parabola 8 feed
4.      Receiver Mpeg4 (HD)
5.      Jatah kabel coaxial 15 meter

Konfirmasi lebih lanjut dapat komunikasi dengan Bg Bob, seputar pemasangan baik kebutuhan rumah, motel dan hotel.
Contact person : 08887904647 (Whatsapp)


Popular Post :










Comments

Popular posts from this blog

Cara melihat sinyal indovision ( Bagus atau tidak )

          Kali ini pembahasan yang akan diulas ialah seputaran parabola mini indovision. Barangkali kalian kalian ada yang punya masalah dengan arah indovision yang tiba tiba berubah karena angin atau tidak sengaja tersenggol sehingga siaran indovision tidak terlihat sama sekali. Untuk memastikkan masalah ada pada arah piringan indovision yang salah, kita harus mengecheck  dengan melihat signal pada indovision. Berikut  langkah langkah yang perlu diperhatikan untuk melihat signal indovision : 1. Pastikan sambungan kabel dari antena indovision terhubung ke receiver indovision, hidupkan TV dan receiver. Tekan tombol ok : akan muncul seperti gambar berikut    2. Akan muncul menu menu seperti Daftar saluran, pemesanan, Bmail, pengaturan HD dll. kita geser dengan menekan tombol kanan pada remote dan pilih menu pengaturan sistem 3. setelah kita tekan ok pada pengaturan sistem maka kita akan diminta mengisi password : 0000 4. Kemudian pilih Memindai satelit 5. Langkah berikutnya akan muncul l

Cara menghapus siaran parabola yang tidak disukai – How to delete channel the parabola

Biasanya setelah kita melakukan scan pada receiver parabola, terdapat beberapa channel yang tidak muncul gambarnya pada layar karena perubahan frekwensi ataupun channel tersebut sudah tidak mengudara lagi. Terkadang untuk pemula salah dalam memilih menu scan , berakibat akan munculnya siaran non FTA (Free to Air) dengan lambang ($) scramble. Jadi untuk menghapus siaran-siaran yang tidak kita inginkan tersebut kita dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :        Tekan tombol menu pada remote receiver       2.      Kemudian pilih Daftar Siaran Tv maka akan muncul daftar siaran yang di atas nya ada bar                   warna merah, hijau, kuning dan biru. Bar ini sebagai petunjuk perintah apa saja yang dapat       kita lakukan.                               3. Kita pilih sunting dengan menekan tombol warna biru pada remote receiver lalu tekan hijau       lagi untuk menghapus.           4 .     Setelah itu kita tinggal memilih siaran mana yang ingin diha

Cara memindahkan siaran parabola mudah - How to move a channel parabola with to easy

Berjumpa lagi di blog ane ni gan, kali ini saya mau share cara mengurutkan channel di receiver sesuai dengan keinginan kita. Untuk cara-cara nya perlu diketahui setiap receiver berbeda-beda, namun secara umum sama untuk fitur yang ditampilkan setiap receiver. Adapun receiver yang kali ini ane share merupakan digital merek Goldsat Mpeg4. Sebagai pengetahuan aja ni gan digital yang telah Mpeg4, sistemnya sudah hampir seperti digital HD (Hight Definition) hanya saja berbeda sistem scan nya yang dapat mencari system channel yang telah HD sementara Mpeg4 belum bisa. Oke kembali ke topic awal kita tadi cara mengurutkan atau memindahkan channel, dengan mengikuti langkah berikut ; 1.  Tekan tombol Menu di remote receiver 2.   Kemudian pilih Daftar Siaran Tv maka akan muncul daftar siaran yang di atas nya ada bar warna merah, hijau, kuning dan biru. Bar ini sebagai petunjuk perintah apa saja yang dapat kita lakukan. 3.   Kita pilih pindah dengan menekan tombol warna kuning pad