Skip to main content

Perbedaan Receiver MPEG-2, MPEG-4 dan HD (High Definition) - Different of the Receiver MPEG-2, MPEG-4 dan HD (High Definition)

Receiver/Digital pada parabola adalah sebuah hardware (perangkat keras) berbentuk box yang berfungsi sebagai penerima (receive) signal satelit dari LNB F pada focus antena parabola melalui kabel coaxial dan akan di transformasi sehingga menjadi audio dan video (Visual).
Seiring perkembangan teknologi khususnya parabola satelit, dimulai dari parabola dengan Receiver sistem Analog (manual) hingga sekarang telah berkembang menjadi sistem Digital sangat mempengaruhi minat konsumen sebagai pembeli.
Receiver parabola sendiri secara umum di klasifikasikan atas 3 tipe, diantaranya ialah Receiver MPEG-2, Receiver MPEG-4 dan Receiver HD (High Definition). Pada postingan kali ini akan membahas sedikit perbedaan tipe-tipe receiver tersebut, sebagai pengetahuan bagi newbe yang ingin memasang parabola biar tidak salah pilih dan kerja dua kali.
Receiver MPEG-2
            Receiver MPEG-2 merupakan receiver dengan sistem Digital dengan mode scan yang telah auto (Blind scan). Untuk resolution visual (gambar) ialah 560 pixel/inch dengan ratio gambar 4:3. Pada port belakang receiver di dukung dengan port AV (Audio video) dan terkadang ada port VGA (Video Graphic Adapter). Pada receiver MPEG2 tertentu ada yang dapat di combine dengan positioner (penggerak hidrolik parabola) agar hidrolik dapat digerakkan secara otomatis. Contoh merek nya ialah Matrix, Goldensat dan Manhattan. Keunggulan receiver ini ialah dari segi harga yang tidak terlalu mahal.
Receiver MPEG-4
            Receiver MPEG-4 adalah receiver dengan kualitas gambar atau resolution 1080 pixel/inch dan sistem digital yang mampu menangkap channel lebih banyak dari receiver MPEG-2. Untuk ratio gambar sudah 16:9 sehingga visual sangat cocok pada Televisi yang sudah LCD ataupun LED. Pada port receiver telah di dukung fitur AV (Audio-video), port HDMI, port WLAN dan port USB. Untuk harga receiver sendiri relatif murah dan sudah banyak tersedia di pasaran. Keunggulan dari receiver ini ialah fiturnya yang lengkap dan sistem pada mode scan dapat menangkap siaran lebih banyak dari receiver MPEG-2.
Receiver HD (High Definition)
            Receiver HD merupakan hardware yang di desain khusus yang mampu menampilkan gambar dengan kualitas HD yakni resolution tinggi (di atas 1080 pixel/inch). Secara keseluruhan fitur-fitur yang terdapat pada receiver HD ini hampir sama dengan receiver MPEG-4, yang membedakannya ialah pada gambar dengan format HD mpeg-4 tidak bisa me-lock siaran tersebut. Sesuai dengan format dari receiver ini, gambar yang ditampilkan terlihat jernih dengan warna tampak lebih hidup dan soft.

Penjelasan tentang receiver di atas mungkin sedikit banyaknya dapat member gambaran bagi yang sebelumnya bertanya-tanya dari istilah ketiga receiver di atas. Sekian dan terima kasih.    “Please enter your comment”


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara melihat sinyal indovision ( Bagus atau tidak )

          Kali ini pembahasan yang akan diulas ialah seputaran parabola mini indovision. Barangkali kalian kalian ada yang punya masalah dengan arah indovision yang tiba tiba berubah karena angin atau tidak sengaja tersenggol sehingga siaran indovision tidak terlihat sama sekali. Untuk memastikkan masalah ada pada arah piringan indovision yang salah, kita harus mengecheck  dengan melihat signal pada indovision. Berikut  langkah langkah yang perlu diperhatikan untuk melihat signal indovision : 1. Pastikan sambungan kabel dari antena indovision terhubung ke receiver indovision, hidupkan TV dan receiver. Tekan tombol ok : akan muncul seperti gambar berikut    2. Akan muncul menu menu seperti Daftar saluran, pemesanan, Bmail, pengaturan HD dll. kita geser dengan menekan tombol kanan pada remote dan pilih menu pengaturan sistem 3. setelah kita tekan ok pada pengaturan sistem maka kita akan diminta mengisi password : 0000 4. Kemudian pilih Memindai satelit 5. Langkah berikutnya akan muncul l

Cara menghapus siaran parabola yang tidak disukai – How to delete channel the parabola

Biasanya setelah kita melakukan scan pada receiver parabola, terdapat beberapa channel yang tidak muncul gambarnya pada layar karena perubahan frekwensi ataupun channel tersebut sudah tidak mengudara lagi. Terkadang untuk pemula salah dalam memilih menu scan , berakibat akan munculnya siaran non FTA (Free to Air) dengan lambang ($) scramble. Jadi untuk menghapus siaran-siaran yang tidak kita inginkan tersebut kita dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :        Tekan tombol menu pada remote receiver       2.      Kemudian pilih Daftar Siaran Tv maka akan muncul daftar siaran yang di atas nya ada bar                   warna merah, hijau, kuning dan biru. Bar ini sebagai petunjuk perintah apa saja yang dapat       kita lakukan.                               3. Kita pilih sunting dengan menekan tombol warna biru pada remote receiver lalu tekan hijau       lagi untuk menghapus.           4 .     Setelah itu kita tinggal memilih siaran mana yang ingin diha

Cara memindahkan siaran parabola mudah - How to move a channel parabola with to easy

Berjumpa lagi di blog ane ni gan, kali ini saya mau share cara mengurutkan channel di receiver sesuai dengan keinginan kita. Untuk cara-cara nya perlu diketahui setiap receiver berbeda-beda, namun secara umum sama untuk fitur yang ditampilkan setiap receiver. Adapun receiver yang kali ini ane share merupakan digital merek Goldsat Mpeg4. Sebagai pengetahuan aja ni gan digital yang telah Mpeg4, sistemnya sudah hampir seperti digital HD (Hight Definition) hanya saja berbeda sistem scan nya yang dapat mencari system channel yang telah HD sementara Mpeg4 belum bisa. Oke kembali ke topic awal kita tadi cara mengurutkan atau memindahkan channel, dengan mengikuti langkah berikut ; 1.  Tekan tombol Menu di remote receiver 2.   Kemudian pilih Daftar Siaran Tv maka akan muncul daftar siaran yang di atas nya ada bar warna merah, hijau, kuning dan biru. Bar ini sebagai petunjuk perintah apa saja yang dapat kita lakukan. 3.   Kita pilih pindah dengan menekan tombol warna kuning pad